Jumat, 20 Desember 2013

Sejarah Ban Mobil

Secara historis , ejaan yang tepat adalah " ban " dan asal Perancis , yang berasal dari kata tirer , untuk menarik . Alasan untuk ini adalah bahwa penamaan awalnya " ban " disebut lingkaran besi atau kawat tebal terikat ke roda kereta . Dalam blacksmithing French kata untuk batang besi ditarik adalah tirer , atau tarik . Kata yang sama sering digunakan untuk menggambar logam atau proses bergulir . Dalam sebuah artikel di London Magazine / Intelligencer 1853 " The Utility Luas Wheels , " ia menjelaskan bahwa praktek umum adalah untuk menekuk dua batang , yang disebut " ban , " menjadi simpai dan mengikat mereka ke roda , tetapi lebih baik untuk menggunakan pita besi , yang disebut " roda luas " daripada batang , karena sebagai batang memakai mereka menggigit roda . Menyebutkan awal lain dari ban dalam bahasa Inggris adalah The Scots Magazine , Volume 15 Oleh James Boswell ( 1753 ) . Asal lain dari " ban " disediakan oleh online Etimologi Dictionary , [ 1 ] pada dasarnya bahwa kata adalah bentuk pendek dari " pakaian ", dan bahwa roda dengan ban adalah roda berpakaian . Beberapa etymologists lain mungkin berbagi pandangan ini . Ejaan ban tidak muncul sampai tahun 1840-an ketika Inggris mulai menyusut roda mobil kereta api pas dengan besi ditempa . Namun demikian , penerbit tradisional terus menggunakan ban . Surat kabar The Times di Inggris masih menggunakan ban hingga akhir 1905. [ 2 ] The ejaan ban , bagaimanapun , mulai umum digunakan pada abad 19 untuk ban pneumatik di Inggris . Edisi 1911 dari Encyclopædia Britannica menyatakan bahwa " [ t ] ia ejaan ' ban ' tidak sekarang diterima oleh otoritas Inggris terbaik , dan tidak diakui di Amerika Serikat " , [ 3 ] sementara Fowler Modern English Usage 1926 mengatakan bahwa " ada ada yang bisa dikatakan untuk ' ban ' , yang secara etimologis salah, serta sia-sia berbeda dari kita sendiri [ sc . British ] tua & penggunaan Amerika saat ini " . [ 4 ] Namun , selama ban abad ke-20 menjadi didirikan sebagai ejaan Inggris standar . Ban Mobil Sejarah [sunting ] Ban yang paling awal adalah band dari besi (kemudian baja ) , ditempatkan pada roda kayu , digunakan pada gerobak dan gerobak . Ban akan dipanaskan dalam api menempa , ditempatkan di atas roda dan padam , menyebabkan logam untuk berkontraksi dan cocok erat pada kemudi . Seorang pekerja terampil , yang dikenal sebagai tukang roda a , melakukan pekerjaan ini . The lingkar luar berfungsi untuk " mengikat " segmen roda bersama-sama untuk digunakan , menyediakan juga permukaan tahan aus dengan perimeter roda . Kata " ban " sehingga muncul sebagai variasi ejaan untuk merujuk pada band-band metal yang digunakan untuk mengikat roda . Pertama ban pneumatik praktis dibuat oleh penemu Skotlandia John Boyd Dunlop saat bekerja sebagai dokter hewan di May Street , Belfast pada tahun 1887 untuk sepeda anaknya , dalam upaya untuk mencegah sakit kepala anaknya punya saat naik di jalan kasar ( paten Dunlop kemudian dinyatakan tidak sah karena seni sebelumnya oleh sesama Scot Robert William Thomson ) . Dunlop dikreditkan dengan " menyadari karet bisa menahan dan keausan menjadi ban sementara tetap mempertahankan ketahanan " . [ 5 ] Perkembangan teknologi ini bergantung pada kemajuan rekayasa segudang . Dalam hal materi , vulkanisasi karet alam dikreditkan ke Charles Goodyear dan Robert William Thomson . Karet sintetis diciptakan di laboratorium Bayer pada tahun 1920 . [ 6 ] Hari ini , lebih dari 1 miliar ban yang diproduksi setiap tahun di lebih dari 400 pabrik ban , lihat Daftar Perusahaan Ban .