Sabtu, 13 Juni 2009

6 Ayat Quran Tentang Kebebasan Finansial

1. Kebebasan finansial merupakan pilihan, rezeki manusia di dunia sudah dijamin oleh Allah SWT, namun semua kembali ke kita apakah kita mau diperbudak oleh uang atau tidak.
Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut kemiskinan. Kamilah yang akan memberi rezeki kepada mereka dan juga kepadamu. Sesungguhnya membunuh mereka adalah suatu dosa yang besar. ( 17 : 31 )
2. Sebagai manusia, kita harus percaya bahwa yang memiliki kuasa akan rezeki kita adalah Allah SWT, bukan atasan anda, bukan pula bos anda.
Katakanlah ( Muhammad ), Serulah mereka yang kamu anggap (sebagai tuhan) selain Allah ! Mereka tidak memiliki (kekuasaan) seberat zarrah pun di langit dan di bumi, dan mereka sama sekali tidak mempunyai peran serta dalam (penciptaan) langit dan bumi dan tidak ada diantara mereka yang menjadi pembantu bagi-Nya ( 34 : 22 )
3. Kebebasan finansial merupakan lebih ke perasaan puas seorang manusia, berapapun penghasilan yang dia dapatkan
Nabi Muhammad SAW pernah berkata, “Jika anak Adam AS diberikan sebuah bukit yang terbuat dari emas, maka dia akan minta untuk diberikan lembah emas yang kedua, begitu dia dapatkan bukit emas yang kedua, maka dia akan minta yang ketiga, dst. Dan Allah SWT Dan Allah memaafkan orang yang bertobat kepada-Nya. “-Dikumpulkan oleh Al - Bukhari
4. Hanya Anda yang dapat mengendalikan/memutuskan apakah rezeki yang didapat sudah cukup
Dan janganlah kamu tujukan kedua matamu kepada apa yang telah Kami berikan kepada golongan-golongan dari mereka, sebagai bunga kehidupan dunia untuk Kami cobai mereka dengannya. Dan karunia Tuhan kamu adalah lebih baik dan lebih kekal. (20 : 131)
5. Mencari rezeki di jalan yang halal, tidak akan membuat kita rugi
Dan mereka berkata: “Jika kami mengikuti petunjuk bersama kamu, niscaya kami akan diusir dari negeri kami.” Dan apakah Kami tidak meneguhkan kedudukan mereka dalam daerah haram (tanah suci) yang aman, yang didatangkan ke tempat itu buah-buahan dari segala macam (tumbuh- tumbuhan) untuk menjadi rezeki (bagimu) dari sisi Kami?. Tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui. ( 28 : 57 )

6. Menjalani hidup hanya untuk kehidupan dunia, bukanlah kebebasan finansial
Allah meluaskan rezki dan menyempitkannya bagi siapa yang Dia kehendaki. Mereka bergembira dengan kehidupan di dunia, padahal kehidupan dunia itu (dibanding dengan) kehidupan akhirat, hanyalah kesenangan (yang sedikit). ( 13 : 26 )
Dan apabila mereka melihat perniagaan atau permainan, mereka bubar untuk menuju kepadanya dan mereka tinggalkan kamu sedang berdiri (berkhotbah). Katakanlah: “Apa yang di sisi Allah lebih baik daripada permainan dan perniagaan”, dan Allah Sebaik-baik Pemberi rezki. ( 62 : 11 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar